Friday, July 1, 2016

Filled Under:

Mari Gabung Group Whatsapp "FORUM AMALAN HIKMAH" Majelis Walisongo

Mari Gabung Group Whatsapp "FORUM AMALAN HIKMAH" Majelis Walisongo - Pada kesempatan di bulan ramadhan ini admin Majelis walisongo akhirnya dapat kembali hadir untuk berbagi sesuatu kepada para sahabat di dunia maya. Pada kesempatan kali ini admin secara khusus mengajak para sahabat dunia maya yang tertarik dengan seputar ilmu hikmah dan amalan-amalan dalam islam. Ilmu hikmah seringkali digunakan untuk menyebut ilmu-ilmu tentang amalan-amalan khusus atau amalan-amalan spiritual yang di dalamnya seringkali ditemui berisi ayat-ayat al-Quran, doa-doa dari Rasulullah, doa-doa dari para sahabat, salafuna ash-shalih, dari para ulama, dari para sayyid, para habaib, para kyai dan lain sebagainya yang seringkali digunakan sebagai wirid harian yang dilakukan secara rutin dan istiqamah. Tujuannya tentu saja sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan imbasnya atau nilai tambahnya juga mendapatkan hajat yang dibutuhkan, misalnya minta keluasan rizki, jodoh, mudah usaha, dan lain sebagainya. Ilmu Hikmah juga seringkali dikaitkan dengan ilmu-ilmu spiritual tentang azimah, wifiq, rajah dan sebangsanya dan amalan-amalan khusus lain terkait dengan masalah duniawi ataupun ukhrawi.

Dalam ilmu hikmah ini dikenal beberapa kitab pegangan yang seringkali digunakan, yaitu kitab Syamsul Ma'arif Kubro, Manba' Ushulil Hikmah, Mujarabat ad-Dairabi, dan lain sebagainya. Kitab-kitab ini secara khusus berisi dan mengulas secara panjang lebar seputar amalan-amalan ilmu hikmah yang tentunya kemudian terdapat tradisi di masyarakat muslim bahwa ilmu ini karena saking khusus dan mengandung asrar yang dalam maka cara penurunan ilmu kepada murid pun dengan cara yang khusus pula yaitu dengan cara pemberian ijazah.

Dalam masyarakat pesantren atau masyarakat muslim secara luas sedari dulu pemberian ijazah atau izin dari kyai atau ulama kepada para santri terkait dengan suatu disiplin keilmuan tertentu merupakan tradisi yang sangat mengakar kuat dan bahkan sangat penting dan utama. Mayoritas ulama berpendapat bahwa berkahnya ilmu terkandung dalam pengijazahan itu, begitu pula asrar suatu ilmu khususnya ilmu hikmah, juga sangat terkait dan hal tersebut. Karenanya itu sangat penting untuk menjaga tradisi pengijazahan. Suatu amalan dalam ilmu hikmah banyak sekali yang tidak berfungsi atau yang seolah-olah hilang khasiatnya bukan karena kesalahan dari pengamalan yang dilakukan namun karena sejak awal amalan tersebut diamalkan tanpa menggunakan ijazah atau izin dari ulama, kyai, atau guru yang memiliki sanad bersambung dengan ulama awal yang mengamalkan amalan tersebut atau yang bersambung kepada kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. 

Nah, karena melihat kebutuhan akan amalan-amalan semacam ini yang terkemas dalam ilmu hikmah, dan karena melihat pentingnya ijazah serta dibutuhkannya kemudahan untuk mengakses dan berhubungan dengan para guru atau santri yang memiliki sanad ijazah, maka admin majelis walisongo merasa perlu dan bahkan merasa penting untuk membuat group Whatsapp yang secara khusus membahas dan berbagi ilmu dan ijazah seputar ilmu hikmah. 

Bagi para sahabat dunia maya yang tertarik untuk bergabung ke dalam group "FORUM AMALAN HIKMAH".  Adapun caranya cukup mudah. Perhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

1. Laki-laki atau perempuan 
2. Beragama Islam
3. Memiliki No. HP yang telah terdaftar pada WA dan masih aktif (digunakan setiap hari)
4. Menyukai dan memiliki minat dengan dunia ilmu hikmah 
5. Tidak berniat untuk melakukan suatu keburukan seperti debat, membahas isu sara, saling menjelek-jelekkan, menghina, tidak punya adab sopan santun, dan lain sebagainya
6. Bersedia aktif dan berbagi ilmu seputar dunia ilmu hikmah
7. Tidak keluar dari group kecuali setelah meminta izin dari para asatidz 


Bagi para sahabat yang sudah memperhatikan persyaratan di atas dan berminat untuk gabung bersama kami, silakan segera saja para sahabat mengirimkan No. HP yang sudah terdaftar di Whatsapp ke email admin majelis walisongo yang beralamatkan di: 

santriclumut@gmail.com

Jangan lupa mencantumkan nama lengkap dan alamat kota atau provinsi. Khusus bagi para santri pondok pesantren jangan lupa pula untuk mencantumkan nama Ponpesnya. Insya Allah nanti akan admin masukkan no. hp anda tersebut ke dalam Group "FORUM AMALAN HIKMAH".

Syukron Jazilan. Semoga bisa bermanfaat dan berbagi dengan sesama. Berbagi itu indah.


Tertanda

Admin Majelis Walisongo


11 komentar:

  1. Saya sdh email majelis walisongo

    ReplyDelete
  2. Sy sdh emailkan no WA, mohon direspon. Syukron min!

    ReplyDelete
  3. Sy sdh emailkan no WA, mohon direspon. Syukron min!

    ReplyDelete
  4. Sdh diemail tlg direspon min. Thks

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaykum...saya sdh email. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ, sy sudah email kan nomor WA,,

    ReplyDelete
  7. Assalam mualaikum, admin.. Saya sudah e-mailkan no WA, min. Mohon direspon... Syukron Admin...

    ReplyDelete
  8. Saya sudah email min. Tolong direspons

    ReplyDelete