Friday, June 3, 2016

Filled Under: ,

Khasiat Surah Al-Fatihah

KHASIAT SURAH AL-FATIHAH
A.       Untuk Mencegah Kemarahan Allah
Salah satu keutamaan mengamalkan surah al-Faatihah adalah untuk mencegah kemarahan Allah. Dalam kitab Misykaatul Mashaabiih disebutkan sebuah riwayat yang mengatakan sebagai berikut:
عَشْرٌ تَمْنَعُ عَشْرًا : سُوْرَةُ الفَاتِحَةِ تَمْنَعُ غَضَبَ الرَّبِّ وَسُوْرَةُ يس تَمْنَعُ عَطْشَ القِيَامَةِ وَسُوْرَةُ الدُّخَانِ تَمْنَعُ اَهْوَالِ القِيَامَةِ وَسُوْرَةُ الوَاقِعَةِ تَمْنَعُ الفَقْرَ وَسُوْرَةُ المُلْكِ تَمْنَعُ عَذَابَ القَبْرِ وَسُوْرَةُ الكَوْثَرِ تَمْنَعُ خُصُوْمَةَ الخُصَمَاءِ وَسُوْرَةُ الكَافِرُوْنَ تَمْنَعُ الكُفْرَ عِنْدَ النَّزْعِ وَسُوْرَةُ الإِخْلاَصِ تَمْنَعُ النِّفَاقَ وَسُوْرَةُ الفَلَقِ تَمْنَعُ حَسَدَ الحَاسِدِيْنِ وَسُوْرَة ُالنَّاسِ تَمْنَعُ الوَسْوَاسَ

Artinya: “Sepuluh surah dalam al-Quran dapat mencegah sepuluh perkara, yaitu:
a.      Surah al-Faatihah mencegah kemarahan Allah
b.      Surah Yaasiin mencegah kehausan di hari kiamat
c.       Surah ad-Dukhaan mencegah kesusahan di hari kiamat
d.      Surah al-Waaqi’ah mencegah kefakiran
e.      Surah al-Mulk mencegah siksa kubur
f.        Surah al-Kautsar mencegah prmusuhan
g.      Surah al-Kaafiruun mencegah kekufuran ketika dicabut ruh
h.      Surah al-Ikhlaas mencegah kemunafikan
i.        Surah al-Falaq mencegah iri hati seseorang
j.        Surah an-Naas mencegah was-was.
B.        Mendapatkan Derajat Tinggi di Sisi Allah
Dalam kitab Khazinatul Asrar hal 109 dijelaskan bahwa salah satu fadhilah atau keutamaan mengamalkan surah al-Fatihah secara istiqamah adalah bisa mendapatkan derajat tinggi di sisi Allah. Tanda seorang hamba mendapatkan derajat tinggi di sisi Allah adalah dngan dianugerahinya derajat tinggi di dalam surga. Pada konteks inilah orang yang bersedia mengamalkan surah al-Fatihah dengan istiqamah dan tulus ikhlas, maka setiap huruf yang dibaca olehnya akan diganti dengan satu derajat dalam surga yang setiap derajat luasnya seluas langit dan bumi. Karena itu mari kita memperbanyak membaca surah al-Fatihah baik di dalam shalat maupun di luar shalat.
C.        Mendapatkan Keamanan, Menolak Kefakiran dan Memperbanyak Kebaikan
Cara ke-1
Salah satu keutamaan membaca al-Fatihah adalah terjaga dari segala sesuatu yang tidak baik secara lahiriyah maupun bathiniyah. Karena itu apabila ingin mengamalkan al-Fatihah untuk tujuan ini (mendapatkan keamanan) maka silakan amalkan cara berikut sebagaimana dijelaskan dalam kitab Khazinatul Asrar yang berasal dari riwayat sahabat Anas:
1.      Baca surah al-Fatihah
2.      Dilanjutkan membaca surah Al-Ikhlas

Cara Ke-2
       Dalam riwayat lain dari sahabat Anas dijelaskan bahwa amalan di atas baik juga diamalkan ketika akan berangkat tidur. Dengan terlebih dahulu membaca surah al-Fatihah dan al-Ikhlas maka dengan izin Allah kita akan terhindar dari segala bentuk ancaman kecuali maut.

Cara Ke-3
Selain itu adapula riwayat yang menjelaskan bahwa dapat pula diamalkan untuk mencegah kefakiran dalam hidup dan memperbanyak kebaikan. Dalam kitab Khazinatul Asrar dijelaskan sebuah riwayat bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa datang (dari bepergian) ke rumah/kediamannya maka bacalah surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas. Maka Allah akan menghilangkan kefakiran darinya dan memperbanyak kebaikan bagi rumahnya.” Karena itu, marilah membaca surah al-Fatihah dan al-Ikhlas setiap masuk ke dalam rumah.

Cara Ke-4
Ada cara lain yang dapat ditempuh untuk menghindarkan diri dari kefakiran. Caranya yaitu dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 41x setiap datang waktu subuh.  

Cara Ke-5
Adapula cara lainnya yang dapat ditempuh apabila kita ingin membuka pintu kebaikan. Caranya yaitu dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 7x setiap ba’da shalat fardhu. Dalam kitab Khazinatul Asrar bahkan dijelaskan, bahwa barangsiapa bersedia melakukan amalan ini (membaca al-Fatihah 7x setiap ba’da shalat fardhu) maka selain akan dibukakan untuknya pintu-pintu kebaikan, maka sang pengamal akan mendapatkan kecukupan dalam setiap urusannya baik itu urusan dunia maupun agamanya.
D.       Mengobati Penyakit

Cara Ke-1
Salah satu keutamaan mengamalkan al-Fatihah adalah dapat menyembuhkan penyakit lahiriyah. Dalam kitab Khazinatul Asrar dijelaskan caranya sebagai berikut:
1.      Bacalah surah al-fatihah sebanyak 41x
2.      Setelah genap bilangan tersebut dilanjutkan dengan meniupkannya pada anggota badan yang sakit.
3.      Insa Allah dengan cara demikian Allah akan memberikan kesembuhan kepada si sakit yang dibacakan surah al-Fatihah tersebut.

Cara Ke-2
Salah satu fadhilah mengamalkan surah al-Fatihah adalah untuk mengobati sakit mata. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
1.      Bangunlah pada waktu subuh.
2.      Lanjutkan dengan mengambil air wudhu dan melakukan shalat qabliyah subuh.
3.      Setelah itu lanjutkan dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 41x sebelum shalat subuh.
4.      Setelah selesai, tiuplah kedua tangan anda dan usapkan pada mata yang sakit.
5.      Lanjutkan dengan shalat subuh berjamaah
Insa Allah dengan cara demikian, Allah akan segera mengangkat penyakit mata yang sedang diderita.

Cara Ke-3
Untuk menyembuhkan penyakit secara umum. Caranya adalah dengan melakukan amalan berikut ini:
1.      Letakkan tangan pada tempat yang sakit
2.      Bacakan surah al-Fatihah 7x
3.      Kemudian bacakan doa berikut 7x:
اَللّهُمَّ اَذْهِبِ عَنِّي سُوءَ مَا اَجِدُ وَفُحْشَـهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ اْلأَمِيْنِ اْلمَكِيْنِ عِنْدَكَ
4.      Apabila ingin mengobat penyakit orang lain, maka doa di atas diganti dhamirnya menjadi berikut:
اَللّهُمَّ اَذْهِبْ عَنْهُ (عَنْهَا) سُوءَ مَا يَجِدُ(تَجِدُ) وَفُحْشَـهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ اْلأَمِيْنِ اْلمَكِيْنِ عِنْدَكَ
Cara Ke-4
     Cara lain untuk menyembuhkan penyakit dengan mengamalkan surah al-Faatihah adalah dengan cara berikut ini:
1.      Ambillah sebotol air hujan atau air telaga yang masih bersih dan suci. Apabila tidak ada bisa menggunakan air mineral.
2.      Kemudian bacakan surah al-Faatihah sebanyak 70x
3.      Kemudian membaca ayat kursi 70x
4.      Kemudian membaca surah al-Ikhlas 70x
5.      Kemudian membaca surah mu’awidzatain 70x
6.      Kemudian tiup air tersebut
7.      Minum air aasma’ tersebut setelah bangun tidur ketika belum makan atau minum apapun.
Cara Ke-5
Mengamalkan basmalah dapat pula berfungsi untuk menyembuhkan penyakit. Berikut caranya sebagaimana dijelaskan dalam kitab Mujarrabat Ad-Dairabii Al-Kabiir, yaitu dengan membacanya sebanyak 100x selama 3 hari. Dengan cara demikian, insa Allah, dengan izin Allah, penyakit yang kita derita dapat diangkat dan sembuhlah kita berkat fadhilah basmalah.

E.        Agar tidak Tersesat
Tersesat di jalan tentu merupakan masalah yang bisa membuat pusing dan ketakutan bagi sebagian orang. Namun jangan khawatir, agar tidak tersesat ada baiknya membaca surah al-Fatihah sebanyak 41x. Dengan amalan ini insa Allah kemanapun kita pegi, dalam kondisi dan cuaca bagaimanapun kita tidak akan tersesat. Dengan izin Allah. Selain itu amalan ini juga dapat digunakan ketika kita kesulitan mencari rumah seseorang. Bacalah sebanyak bilangan tersebut maka insa Allah kita akan mendapatkan kemudahan dalam mencari rumah seseorang dan kita dapat menjalin silaturahmi dengan baik.
F.         Untuk Menyelesaikan Masalah Utang Piutang
Memiliki hutang tentu menjadi ganjalan hidup sehingga hidup terasa tidak tentram dan tidak nyaman. Terlebih ketika kita kesulitan untuk membayar hutang, maka seakan-akan hidup terasa sulit, terasa terhimpit, dan tidak sedikit pula yang akhirnya jatuh sakit karena stres memikirkan utang yang tak kunjung mampu dibayar. Namun janganlah berputus asa. Allah senantiasa ada bagi hamba-hamba-Nya apabila sang hamba bersedia mendekat dan meminta belas kasihan kepada-Nya. Allah akan malu apabila tidak mengabulkan doa hamba-Nya yang berdoa. Dan dengan kemurahan-Nya sang hamba yang berdoa itu akan mendapatkan hajat yang sedang diharapkannya.
Karena itu bagi yang sedang memiliki hutang dan kesulitan dalam membayarnya, silakan lakukan amalan berikut, yaitu membaca surah al-Fatihah sebanyak 41x dengan niat untuk menyelesaikan masalah hutang. Silakan dalam hati diniatkan dengan niat yang kuat, ikhlas, dan iman kepada kemahakuasaannya Allah. Dengan cara demikian insa Allah akan segera selesai masalah hutan kita, berapapun banyaknya.
G.       Agar Hajat Terkabul, Memperlancar Rizki dan Memperbaiki Keadaan Hidup

Cara Ke-1
Apabila rizki anda terasa seret, tidak berkah dan kehidupan anda terasa sulit dan sumpek, maka silakan mengamalkan surah al-Fatihah secara istiqamah. Sebab surah al-Fatihah ini salah satu keutamaan dan khasiatnya adalah untuk memperlancar rizki, mendapatkan, barakah, dan lain sebagainya. Adapun caranya yaitu dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 20x setiap kali selesai melaksanakan shalat fardhu. Dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan keutamaan yang amat banyak. Lebih dari 20 keutamaan akan didapatkan para hamba Allah yang bersedia mengamalkan dengan tata cara pengamalan tersebut. beberapa keutamaan yang akan didapatkan yaitu akan diluaskan rizkinya, akan mendapatkan kemudahan dalam hidup, akan diijabahi doa dan hajatnya, dan lain sebagainya.

Cara Ke-2
Ada cara lain yang dapat dilakukan apabila ingin memohon hajat kepada Allah dengan mengamalkan surah al-Fatihah ini. Yaitu dengan melakukan cara berikut ini:
1.      Setelah shalat subuh membaca al-Fatihah 30x
2.      Setelah shalat dzuhur membaca al-Fatihah 25x
3.      Setelah shalat Ashr membaca al-Fatihah 20x
4.      Setelah shalat Maghrib membaca al-Fatihah 15x
5.      Setelah shalat Isya’ membaca al-Fatihah 10x
Dengan cara di atas berarti satu hari dapat membaca surah al-Fatihah sebanyak 100x.  Insa Allah apabila amalan di atas dilakukan secara istiqamah, tanpa terputus seharipun, maka apa yang kita hajatkan akan cepat terkabul. Biidznillah.

Cara Ke-3
Cara lain apabila ingin agar hajatnya cepat terkabul adalah dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 125x secara istiqamah.

Cara Ke-4
Bisa pula dengan mengamalkan surah al-Fatihah sebanyak 40x setelah shalat maghrib dan setelah melaksanakan shalat sunnah ba’diyah maghrib serta belum beranjak/berdiri dari tempat atau posisi duduk tahiyat akhir. Maka bacalah sebanyak bilangan tersebut dan setelah selesai dilanjutkan atau disambung dengan memanjatkan doa permohonan kepada Allah apa yang kiranya menjadi hajat kita. Kemudian dilanjutkan dengan doa berikut:
إِلَهِي عِلْمُكَ كَافٍ عَنِ السُّؤَالِ اِكْفِنِي بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ سُؤَالاً وَكَرَمُكَ كَافٍ عَنِ الْمَقَاِل أَكْرِمْنِي بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ مَقَالاً وَحَصِّل مَا فِي ضَمِيْرِي
Setelah selesai, tutuplah doa kita dengan memanjatkan shalat dan puji syukur kepada Allah. Insa Allah dengan cara demikian, hajat kita akan segera dikabulkan oleh Allah.

Cara Ke-5
            Cara ini merupakan ijazah yang diterima oleh pengarang kitab Khazinatul Asrar (Syaikh Imam Muhammad Haqqi An-Nazili) dari gurunya yang merupakan ulama asal India yang bermukim di Madinah Al-Munawarah. Amalan ini dapat diamalkan untuk membuka pintu-pintu kebaikan dan meluaskan rizki. Berikut caranya:
1.      Amalan dimulai pada hari minggu pertama di awal bulan hijriyah
2.      Pada hari minggu tersebut bacalah surah al-Fatihah sebanyak 70x
3.      Pada hari seninnya baca surah al-Fatihah 60x
4.      Pada hari selasanya baca surah al-Fatihah 50x
5.      Pada hari rabunya baca surah al-Fatihah 40x
6.      Pada hari kamisnya baca surah al-Fatihah 30x
7.      Pada hari jumatnya baca surah al-Fatihah 20x
8.      Pada hari sabtunya baca surah al-Fatihah 10x
Insa Allah dengan melakukan amalan di tujuh hari pertama di setiap awal bulan hijriyah sebagaimana petunjuk di atas, Allah akan membukan pintu-pintu kebaikan dan meluaskan rizki kita. Biidznillah.

Cara Ke-6
            Cara lain mengamalkan surah al-Fatihah untuk meluaskan rizki dan mempermudah setiap urusan adalah dengan cara berikut ini:
1.      Bangunlah pada waktu sahur
2.      Ambil wudhu dan setelah itu membaca surah al-Fatihah 41x
3.      Baik sekali dilanjutkan dengan shalat tahajud dan shalat hajad
4.      Insa Allah akan luas rizkinya dan menjadi mudah setiap urusannya


Cara ke-7
Apabila anda memiliki hajat berupa cita-cita, harapan, atau hajat apapun yang telah anda usahakan melalui ikhtiar dan anda ingin mengimbanginya dengan doa atau amalan, maka anda dapat menggunakan ayat pertama surah al-Fatihah, yaitu basmalah, untuk memohon kepada Allah agar hajat dunia akhirat anda terpenuhi. Dalam kitab Manba’ Ushuulil Hikmah Lil Buunii dijelaskan mengenai caranya, sebagai berikut:
1.      Berpuasalah pada hari rabu, kamis, dan jumat.
2.      Ketika hari jumat, maka mandilah kemudian pergilah ke masjid untuk menghadiri shalat jumat dan harus menyisihkan harta untuk bersedekah.
3.      Setelah selesai shalat jumat, bacalah doa berikut ini:
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ الَّذِيْ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ الَّذِيْ مَلَأَتْ عَظَمَتُهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَأَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الَّذِيْ عَنَتْ لَهُ الْوُجُوْهُ وَخَشَعَتْ لَهُ الْأَبْصَارُ وَذَلَّتْ لَهُ الْقُلُوْبُ مِنْ خَشْيَتِهِ أَنْ تُصَلِّي عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَأَنْ تُعْطِيْنِيْ حَاجَتِيْ …..
Pada titik-titik sebutkan hajatnya
4.      Peringatan! Himbauan dari sang penulis kitab Manba’ Ushulil Hikmah, agar amalan di atas tidak digunakan untuk hajat-hajat tercela, karena amalan di atas sangat mustajab, biidznillah. Dan kami berlepas diri kepada orang yang mempergunakannya untuk hajat-hajat yang tidak diridhai, dunia akhirat. Semoga bermanfaat.

Cara Ke-8
Cara lain yang dapat dilakukan untuk memohon hajat kepada Allah menggunakan amalan basmalah adalah dengan membacanya sebanyak jumlah huruf berdasarkan perhitungan dalam ilmu hikmah, yaitu sebanyak 786 x. Bacalah basmalah sebanyak jumlah tersebut secara istiqamah (tidak putus) selama 7 hari. Insa Allah apabila cara ini dilakukan, anda akan mendapatkan hajat-hajat anda. Termasuk bagi yang ingin mendapatkan kebaikan hidup, menolak balak dan keburukan dari berbagai hal, serta bagi yang ingin dagangannya laris, maka dapat menempuh cara atau amalan di atas. Demikian dijelaskan oleh Al-Allamah Ahmad bin Ali Albuni dalam Kitabnya, Manba’ Ushuulil Hikmah.

Cara Ke-9
Cara lain yang dapat dilakukan untuk memohon hajat kepada Allah dengan mengamalkan basmalah adalah dengan cara berikut:
1.      Berpuasalah pada hari kamis
2.      Berbuka hanya menggunakan kurma atau anggur.
3.      Setelah shalat maghrib baca basmalah sebanyak 121x
4.      Setelah itu dilanjutkan dengan shalat hajat 2 rakaat
5.      Baca lagi basmalah sebanyak-banyaknya sampai masuk shalat isya’
6.      Pada waktu tersebut jangan diselingi dengan kata-kata apapun selain membaca basmalah.
7.      Pada waktu subuh di hari jumatnya, bacalah basmalah sebanyak 121x setelah shalat subuh.
8.      Setelah selesai, tulislah lafadz basmalah secara terputus-putus sebagai berikut:
ب س م ا ل ل ه ا ل ر ح م ن ا ل ر ح ي م
9.      Cara menulisnya sebanyak 121x dan setiap basmalah harus diselesaikan dalam satu larik sehingga jumlah secara keseluruhan adalah 121 larik.
10.  Menulisnya menggunakan misik, za’faran, dan air mawar. Setelah itu diasapi menggunakan asap bakaran kayu gaharu dan anbar.
11.  Bawalah tulisan tersebut untuk diambil berkahnya
Dalam kitab Manba’ Ushuulil Hikmah dikatakan, “Demi Allah, yang tiada tuhan selain Allah, tidak ada yang membawa tulisan tersebut kecuali Allah akan menjadikannya layaknya bulan purna dalam pandangan orang-orang, Allah akan memberikan kekuatan kepadanya, akan memberikan kewibawaan sehingga ditaati orang banyak, dan barang siapa melihatnya maka akan jatuh cinta dan akan memuliakannya, dan barangsiapa yang membawanya maka ia akan mendapatkan hajat-hajatnya.” Semua itu biidznillah.

Cara Ke-10
Cara lain untuk memohon hajat kepada Allah dengan mengamalkan basmalah adalah sebagai berikut:
1.      Baca basmalah sebanyak 12000x
2.      Setiap selesai 1000x baca shalawat kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan memohon hajatnya
3.      Lakukan cara seperti itu sampai selesai 12000x. Insa Allah hajat anda akan diijabah oleh Allah. Demikian dijelaskan dalam kitab Mujarrabat Ad-Dairabii Al-Kabiir.

Cara Ke-11
Cara lain untuk memohon hajat kepada Allah dengan mengamalkan basmalah adalah sebagaimana disebutkan dalam kitab Mujarrabat Ad-Dairabii Al-Kabiir sebagai berikut:
وَمِنْ خَوَاصِّها : أنَّ مَنْ قَرَأَهَا بِعَدَدِ حُرُوفِها الْمَذْكُورة، وصَلَّى سِتَّ رَكَعَاتٍ بِثَلاثِ تَسْلِيمَاتٍ؛ يَقْرَأُ فِي كُلّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَ ﴿أَلَمْ نَشْرَح﴾. خَمْسَةَ عَشَرَ مَرَّةً، ثُمَّ يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْألُكَ بفضل ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِعَظَمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بجلال وَثَنَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِهَيْبَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِحُرْمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِجَبَرُوتِ وَمَلَكُوتِ وَكِبْرِيَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِعِزَّةِ وَقُوَّةِ وَقُدْرَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، اِرْفَعْ قَدْرِي، وَيَسِّر أَمْرِي، وَاجْبُر كَسْرِي، وَأغْنِ فَقْرِي، وَأَطِلْ عُمُرِي، بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ، يَا مَنْ هُوَ ﴿كهيعص﴾. ﴿َحم عسق﴾. ﴿الم﴾. ﴿المر﴾. ﴿حم﴾. بِسِرِّ اسْمِ اللهِ الأَعْظَمِ ، اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ القَيُّومُ العَلِيُّ العَظِيمُ الأَكْرَمُ ذُو الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ، أَسْألُكَ بِجَلالِ الْهَيْبَةِ، وَبِعِزِّ العِزَّةِ، وَأَسْألُكَ بِكِبْرِيَاءِ العَظَمَةِ وَبِجَبَرُوتِ القُدْرَةِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الذينَ لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِم وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ، وَأَسْألُكَ بِدَوَامِ البَقَاءِ، وَضِيَاءِ النُّورِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ، وَأَسْألُكَ بِحُسْنِ البَهَاءِ، وَبِإِشْرَاقِ وَجْهِكَ الكَرِيمِ؛ أَنْ تُدْخِلَنِي بِرَحْمَتِكَ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ، يَا رَبَّ العَالَمِينَ، وصَلَّى الله علَى سَيِّدنا مُحَمَّد وَعلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. مَنْ فَعَلَ ذَلِكَ حَصَلَ لَهُ مَا طَلَبَهُ بِإِذْنِ اللهِ تَعَالى.
Artinya: “Dan diantara kekhususan basmalah adalah barangsiapa yang bersedia membacanya sebanyak hurufnya (786x menurut hitungan ilmu hikmah) kemudian dilanjutkan shalat 6 rakaat dengan 3x salam. Di setiap rakaat setelah al-Fatihah membaca surah Al-Insyirah sebanyak 15x. Kemudian berdoa dengan doa berikut ini:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْألُكَ بفضل ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِعَظَمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بجلال وَثَنَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَأَسْألُكَ بِهَيْبَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِحُرْمَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِجَبَرُوتِ وَمَلَكُوتِ وَكِبْرِيَاءِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، وَبِعِزَّةِ وَقُوَّةِ وَقُدْرَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾، اِرْفَعْ قَدْرِي، وَيَسِّر أَمْرِي، وَاجْبُر كَسْرِي، وَأغْنِ فَقْرِي، وَأَطِلْ عُمُرِي، بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ، يَا مَنْ هُوَ ﴿كهيعص﴾. ﴿َحم عسق﴾. ﴿الم﴾. ﴿المر﴾. ﴿حم﴾. بِسِرِّ اسْمِ اللهِ الأَعْظَمِ ، اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ القَيُّومُ العَلِيُّ العَظِيمُ الأَكْرَمُ ذُو الْجَلالِ وَالإِكْرَامِ، أَسْألُكَ بِجَلالِ الْهَيْبَةِ، وَبِعِزِّ العِزَّةِ، وَأَسْألُكَ بِكِبْرِيَاءِ العَظَمَةِ وَبِجَبَرُوتِ القُدْرَةِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الذينَ لاَ خَوْفٌ عَلَيْهِم وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ، وَأَسْألُكَ بِدَوَامِ البَقَاءِ، وَضِيَاءِ النُّورِ؛ أَنْ تَجْعَلَنِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ، وَأَسْألُكَ بِحُسْنِ البَهَاءِ، وَبِإِشْرَاقِ وَجْهِكَ الكَرِيمِ؛ أَنْ تُدْخِلَنِي بِرَحْمَتِكَ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ، يَا رَبَّ العَالَمِينَ، وصَلَّى الله علَى سَيِّدنا مُحَمَّد وَعلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Barangsiapa yang melakukan amalan di atas, maka ia akan mendapatkan hasil dari apa yang diharapkan atau sedang diusahakannya dengan izin Allah.”

Cara Ke-12
Cara lain untuk memohon hajat kepada Allah menggunakan wasilah basmalah adalah sebagai berikut:
1.      Baca doa di bawah ini sebanyak 118 x . Berikut doanya;
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْألُكَ بِفَضْلِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾. وَبِحَقِّ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾. وَبِهَيْبَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾ وَبِمَنْزِلَةِ ﴿بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ﴾ ، اِرْفَعْ قَدْرِي وَيَسِّرْ أَمْرِي، وَاشْرَحْ صَدْرِي يَا مَنْ هُوَ ﴿كهيعص﴾. ﴿َحم عسق﴾. ﴿ألم﴾. ﴿المر﴾. ﴿حم﴾. ﴿اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ﴾. بِسِرِّ الْهَيْبَةِ وَالقُدْرَةِ، وَالْجَبَرُوتِ وَالعَظَمَةِ، اجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الْمُتَّقِينَ، وَأَهْلِ طَاعَتِكَ الْمُحِبِّينَ، وَافْعَلْ كَذا.. يَا رَبَّ العَالَمِينَ ، وصَلَّى الله علَى سَيِّدنا مُحَمَّد وَعلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين.
Demikian dijelaskan dalam kitab Mujarrabaat Ad-Dairabii Al-Kabiir

Cara Ke-13
            Cara lain yang dapat dilakukan untuk memohon kemudahan dan kelapangan rizki dengan mengamalkan ayat pertama dari surah al-Fatihah adalah sebagai berikut:
1.      Lakukan shalat dhuha minimal 2 rakaat
2.      Setelah salam membaca istighfar 100x
3.      Dilanjutkan membaca basmalah 100x
4.      Dilanjutkan membaca shalawat nabi 100x
5.      Kemudian membaca sesudah shalat dhuha berikut ini:
اَللَّهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
       Insa Allah dengan cara di atas, rizki kita akan senantiasa dilapangkan dan dimudahkan oleh Allah. (Dikutip dari Amalan Doa Mustajab)

Cara Ke-14

       Cara lain untuk mempermudah dan memperlancar rizki dengan mengamalkan surah al-Fatihah adalah dengan melakukan cara berikut ini:
1.      Wiridkan secara istiqamah surah al-fatihah sebanyak 20x setiap selesai shalat fardhu. Khusus ba’da subuh dan maghrib baca sebanyak 40x. Insa Allah dengan cara demikian, rizki kita senantiasa dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah. Demikian dijelaskan dalam Kitab Khaziinatul Asraar.        

Cara Ke-15

Cara lain bagi orang yang ingin hajatnya terkabul hendaknya mengamalkan surah alfatihah sebanyak 40x di tengah malam dengan cara berikut ini:
1.      Melakukan shalat hajat 4 rakaat dengan dua kali salam. yaitu:
a.      Rakaat pertama setelah al-fatihah membaca surah al-ikhlas 10x
b.      Rakaat kedua setelah surah al-fatihah membaca al-ikhlas 20x

2.      Kemudian salam dan mengerjakan shalat hajat dua rakaat lagi, yaitu:
a.      Rakaat pertama setelah al-Fatihah membaca al-Ikhlas 30x
b.      Rakaat kedua setelah surah al-Fatihah membaca surah al-Ikhlas 40x

3.      Setelah selesai mengerjakan shalat hajat 4 rakaat, lalu membaca surah al-fatihah sebanyak 40x, setiap bacaan al-Fatihah sekali sampai pada ayat “Iyyaaka Na’budu Wa Iyyaaka Nasta’iin” berhenti sebentar memohon kepada Allah di dalam hati apa yang dikehendaki dan tidak usah mengucapkannya dengan lisan. Selesai memohon kemudian melanjutkan ayat seterusnya sampai Selesai. Begitulah diulang sampai 40x.

Cara ke-16

Bagi orang yang mempunyai hajat kepada orang lain, terutama pada atasannya, agar dirinya dikasihi, maka hendaknya melakukan cara berikut ini:
1.      Sebelum berangkat menemui orang yang dikehendaki, hendaknya dihadiahi surah al-Fatihah sebanyak 40x
2.      Ketika akan menemui dan menghadap kepada orang yang dituju, dalam hati hendaknya senantiasa membaca surah al-fatihah dan ketika sampai ayat “Iyyaaka Na’budu wa Iyyaaka Nasta’iin” memohon apa yang dimaksud.

Cara Ke-17
Cara lain yang dapat dilakukan untuk memohon rizki dan terkabulnya hajat melalui bacaan basmalah adalah seperti berikut ini:
1.      Lakukan shalat dhuha minimal 2 rakaat
2.      Setelah salam membaca istighfar 100x
اَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْم وَ اَتُوْبُ اِلَيْه
3.      Setelah itu membaca basmalah 100x
4.      Setelah itu baca shalawat nabi 100x
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلِّم
5.      Kemudian diakhiri atau ditutup dengan doa shalat dhuha berikut:
اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


H.       Mendapatkan Kemudahan dalam Mencari Ilmu, Hikmah dan Terhindar dari Pemikiran Menyesatkan
Dalam islam, menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimat. Sebab dengan ilmu, manusia dapat membangun peradaban dan memiliki derajat tinggi di antara makhluk Tuhan lainnya. Dengan ilmu manusia dapat menjadi khalifah bumi yang mampu mengelola bumi dengan sebaik-baiknya. Dengan ilmu, umat islam juga dapat menjadi khaira ummah ukhrijat linnaas (sebaik-baik manusia yang dikeluarkan untuk manusia).
Salah satu cara untuk mendapatkan ilmu adalah dengan belajar. Namun tentu saja ikhtiar tersebut harus diimbangi dengan doa kepada Allah. Salah satu ikhtiar dengan berdoa untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari ilmu, hikmah serta terhindar dari pemikiran menyesatkan yaitu dengan mengamalkan surah al-Fatihah. Adapun cara pengamalannya adalah sebagai berikut:
1.      Ambil air wudhu dan berwudhulah dengan sebaik-baiknya
2.      Setelah itu lanjutkan dengan shalat hajat 2 rakaat atau lebih
3.      Setelah itu siapkan sebotol air putih
4.      Bacalah surah al-Fatihah sebanyak 70x
5.      Setelah itu tiupkan pada air tersebut dan segeralah meminumnya.
6.      Lakukan amalan di atas selama 7 hari berturut-turut tanpa terputus seharipun
Insa Allah dengan cara demikian, Allah akan memberikan rizki kepadanya berupa ilmu, hikmah, hati yang bersih dari pemikiran-pemikiran menyesatkan, dan menjadikannya orang yang cerdas dan tidak mudah lupa dalam menerima pelajaran. Demikianlah salah satu rahasia al-Fatihah yang dijelaskan oleh para ulama.  
I.          Selamat dari Api Neraka
Ayat pertama dari al-Quran surah al-Fatihah berbunyi “Bismillaahirrahmaanirrahiim” atau disingkat menjadi basmalah. Ayat pertama ini tentu sudah sangat akrab di telinga setiap muslim karena selain merupakan pembuka surah dalam al-Quran ia juga merupakan bagian dari surah al-Fatihah yang setiap kali seorang muslim melaksanakan shalat, surah tersebut senantiasa dibaca, dan basmalah sebagai ayat pertama dari surah al-Fatihah merupakan ayat pertama kali dibaca sebelum kemudian secara berturut-turut orang yang melaksanakan shalat membaca ayat-ayat selanjutnya dari surah al-Fatihah.
Mengenai keutamaan basmalah ini, para ulama telah banyak menjelaskan dalam berbagai kitab yang telah mereka tulis. Termasuk dalam berbagai riwayat yang bersumber dari Rasulullah juga dapat kita temui mengenai keagungan membaca ataupun mengamalkan basmalah ini. Lalu apa saya keutamaannya ? Salah satunya untuk menghindarkan sang pengamal dari siksa api neraka.
Orang yang bersedia membaca basmalah sebanyak-banyaknya maka ia akan selamat dari api neraka. Dalam kitab Mujarrabat Ad-Dairabi Al-Kabir halaman 4 dijelaskan bahwa tatkala ayat ini diturunkan, malaikat Zabaniah berkata sebagai berikut:
مَنْ قَرَأَهاَ لمَ يَدْخُل النَّارَ
Artinya: “Barangsiapa yang mau membacanya (membaca basmalah) maka ia tidak akan masuk neraka.”
J.     Meningkatkan Kewibawaan
Selain akan selamat dari api neraka, orang yang bersedia secara istiqamah membaca basmalah sebanyak-banyaknya maka akan menjadi orang yang penuh wibawa. Dalam kitab Mujrabat Ad-Dairabi al-Kabir halaman 4 dijelaskan sebagai berikut:
وَمَنْ أَكْثَرَ مِنْ ذِكْرِها رُزِقَ الْهَيْبَةَ عِنْدَ العَالَم العُلْوِيِّ وَالسُّفْلِيِّ، وَهِيَ التي أَقَامَ اللهُ بِهَا مُلْكَ سُلَيْمَانَ عَلَيْه السَّلام، فَمَنْ كَتَبَها سِتّمِائَةِ مَرَّة وَحَمَلَها مَعَهُ رُزِقَ الهيبةَ فِي قُلُوبِ الْخَلائِقِ.

Artinya: “Barangsiapa yang memperbanyak diri membaca basmalah maka ia akan mendapatkan rizki berupa kewibawaan di sisi penghuni alam yang tinggi maupun alam yang rendah, dan basmalah merupakan ayat yang dengannya Allah menegakkan kerajaan nabiyullah Sulaiman ‘alaihis salaam. Dan barangsiapa yang bersedia menulis lafadz basmalah sebanyak 600 x dan membawa tulisan tersebut maka ia akan mendapatkan kewibawaan dalam hati setiap makhluk.”
Dalam kitab Manba’ Ushuulil Hikmah Lil Buuni karya Abul Abbas Ahmad bin Ali Al-Buni juga disebutkan mengenai keutamaan basmalah seperti di atas dengan penjelasan yang lebih singkat sebagai berikut:
وَمَنْ أَكْثَرَ مِنْ ذِكْرِها رُزِقَ الْهَيْبَةَ عِنْدَ العَالَم العُلْوِيِّ وَالسُّفْلِيِّ
dalam Manba’ Ushuulil Hikmah Lil Buunii juga dijelaskan bahwa barangsiapa mau menulis basmalah sebanyak 100x dan kemudian membawanya, maka ia akan mendapatkan kewibawaan yang besar di mata makhluk.  
K.   Agar Selamat dari Syaithan, Pencuri, Orang Dhalim, Mati Mendadak dan Bala bencana
Mengamalkan basmalah juga dapat berfungsi untuk memohon keselamatan kepada Allah agar kita terhindar dari syaithan, pencuri, mati mendadak dan bala bencana. Caranya adalah dengan membacanya sebanyak 21x setiap malam menjelang tidur. Demikian dijelaskan oleh Al-Allamah Ahmad bin Ali Albuni dalam Kitabnya, Manba’ Ushuulil Hikmah berikut ini:
Sedangkan agar selamat dari kejahatan orang yang hendak berbuat dhalim kepada diri kita, dalam Manba’ Ushuulil Hikmah dijelaskan caranya yaitu dengan membaca basmalah sebanyak 50x di dekat wajahnya orang dzalim. Atau kalau tidak mampu bisa dibaca sebanyak 50x kemudian ditiupkan ke wajahnya orang dzalim. Insa Allah dengan cara demikian, Allah akan memberikan keamanan kepada kita, membuat orang dzalim tersebut takut kepada kita dan kita tidak akan mendapatkan keburukan apapun dari dirinya. Biidznillah.
L.    Memohon Kekayaan
Apabila anda ingin menjadi orang kaya dan sudah berikhtiar dengan bekerja keras setiap hari, alangkah baiknya diimbangi dengan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah baik melalui ibadah-ibadah wajib ataupun sunnah. Selain itu alangkah baiknya diimbangi dengan doa-doa kepada-Nya sebagai bentuk keimanan kita bahwa seluruh rizki adalah milik Allah dan usaha yang kita lakukan untuk mengasi rizki tidak akan mendapatkan hasil apapun dan tidak akan mendapatkan keberkahan apabila kita tidak mendekat kepada Allah, memohon kepada-Nya, dan tentunya berterimakasih atau bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita.
Salah satu amalan yang dapat kita amalkan agar kita mendapatkan kekayaan adalah dengan mengamalkan basmalah. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
1.      Bacalah basmalah sebanyak 300x
2.      Cara membacanya dengan menghadap pada matahari yang baru terbit di pagi hari. Usahakan hatinya fokus dan juga mensyukuri nikmat Allah yang masih mengutus matahari untuk terbit dari timur dan bukan dari barat. Sebab itu berarti Allah masih memberikan nikmat dan kesempatan taubat kepada kita. Berbeda apabila matahari terbit dari barat, kesempatan untuk taubat sudha tertutup.
3.      Setelah selesai lanjutkan dengan membaca shalawat 1x kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarga, para sahabat, dan kaum muslimin seluruhnya.
4.      Lakukan secara istiqamah. Insa Allah dengan cara demikian anda akan mendapatkan kekayaan. Demikian dikutip dari Kitab Manba’ Ushuulil Hikmah.
M. Untuk Membangkitkan Rasa Cinta
Salah satu keutamaan basmalah adalah dapat membangkitkan rasa mahabbah atau cinta dalam diri seseorang. Dalam kitab Manba’ Ushuulil Hikmah dijelaskan mengenai caranya yaitu dengan membacanya sebanyak 786x di atas air yang bersih dan suci. Setelah itu minumkan air tersebut kepada orang yang dituju. Insa Allah dengan cara demikian, orang tersebut akan menaruh rasa cinta kepada kita.
Peringatan! Jangan gunakan ini untuk kejahatan. Dan apabila digunakan untuk kejahatan yang tidak diridhai Allah, kami berlepas diri di dunia dan akhirat.
N.  Mendapatkan Rahasia-Rahasia dari Allah
Salah satu keutamaan mengamalkan basmalah adalah mendapatkan rahasia-rahasia khusus dari Allah. Cara mengamalkannya adalah sebagai berikut:
1.      Baca basmalah sebanyak 2500 x
2.      Membacanya setelah shalat subuh
3.      Syarat ketika membaca yaitu dalam keadaan suci, dengan niat baik, ikhlas, dan hati khusyuk
4.      Lakukan amalan ini selama 40 hari tanpa terputus seharipun. Demikian telah dijelaskan dalam Manba’ Ushuulil Hikmah.
O.       Agar terhindar dari Pencurian
Salah satu khasiat dan keutamaan mengamalkan surah Al-Faatihah adalah dapat terbebas dari pencurian. Di dalam kitab Khaziinatul Asraar dijelaskan cara pengamalannya yaitu dengan membaca surah al-Fatihah sebanyak 1001x. Insa Allah dengan cara demikian harta-benda kita terbebas dari pencurian. Semuanya dengan izin Allah dan harus dilandasi niat ikhlas ibadah kepada Allah dan niat ikhlas memohon pertolongan kepada Allah. Karena tiada yang mampu dan sanggup menolong kita kecuali pertolongan Allah. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment