Friday, May 27, 2016

Filled Under: ,

Khasiat Surah Yasin Terlengkap

Khasiat Surah Yasin - Fadhilah Suran Yasin - Khasiat Surat Yasin sudah sayang dikenal oleh masyarakat muslim secara umum. Bahkan saking terkenalnya maka diadakanlah tradisi membaca surah yasin dan tahlil yang banyak dilangsungkan di sore maupun malam hari sebagai amalan rutin harian, amalan rutin mingguan, atau bulanan/selapanan sekali.Tradisi pengamalan surah yasin juga banyak kita temui untuk mendoakan orang yang baru saja meninggal yang kemudian pahala dari bacaan surah yasin dan tahlil dihadiahkan kepada si mayit. Dan insya Allah, apa yang diamalkan tersebut apabila memang diniatkan untuk si mayit, maka pahalanya akan sampai kepada si mayit. Biidznillah.

Tradisi-tradisi pengamalan surah yasin sebagaimana di atas memang merupakan satu tradisi yang sangat baik untuk tetap dilestarikan. Selain karena yang dibaca itu adalah surah al-Quran yang tentu saja akan berbuah pahala bagi yang bersedia membaca dan mengamalkanny, juga karena tradisi semacam tersebut di dalamnya terdapat semangat persatuan dan kesatuan masyarakat bangsa secara umum, dan umat islam secara khusus. Karena itu tidaklah ada alasan untuk tidak melestarikan tradisi yasinan yang sangat mulia dan penuh berkah ini. 

Tradisi pengamalan surah Yasin sesungguhnya dilandasi pada ajaran syariat islam sendiri yang banyak menjelaskan dalam hadits terkait keutamaan mengamalkan surah yasin ini. Dalam kitab Abwabul Faraj karya Fadhilatus Syaikh as-Sayyid Muhammad Alwi al-Maliki dijelaskan bahwasanya surah yasin merupakan di antara abwabul faraj yang memiliki banyak keterangan terkait keutamaannya dalam hadits-hadits rasulillah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Sebagai contoh riwayat berikut ini, beliau bersabda, "Sesungguhnya bagi setiap sesuatu itu ada qalbunya, dan qalbu dari al-Quran adalah surah Yasin. Barangsiapa yang membaca surah yasin, maka Allah akan mencatat baginya pahala membaca al-Quran sebanyak 10 kali." HR. Ad-Darami dan At-Tirmidzi. Beliau berkata: Ini hadits gharib.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'Anhu beliau berkata, "Barangsiapa membaca surah yasin pada malam hari karena mengharap ridha Allah semata maka akan diampuni dosanya di malam tersebut. 

Banyak cari atau kaifiyah yang dapat dilakukan terkait dengan pengamalan surah Yasin ini. Dalam kitab Abwabul Faraj disebutkan salah satu kaifiyah mujarobah yang berasal dari para shalihin yaitu caranya dengan mengamalkannya sebagai berikut:
  1. Bacalah ayat pertama sebanyak 7 kali. Kemudian lanjutkan membaca ayat-ayat selanjutnya
  2. Ketika sampai ayat ke 38 maka ulangilah ayat tersebut sebanyak 14 kali, setelah itu lanjutkan lgi membaca ayat selanjutnya. Kemudian ketika sampai ayat ke 58 ulangilah ayat tersebut sebanyak 16 kali dan lanjutkan membaca ayat selanjutnya
  3. Ketika sampai pada ayat "Awalaisalladzii khalaqas samawati wal ardha biqaadirin 'alaa an yakhluqa mitslahum balaa" ulangi sebanyak 7 kali dan dilanjutkan hingga akhir surah.
  4. Lakukan cara pengamalan dari no.1 hingga 3 di atas sebanyak tujuh kali. Insya Allah apa yang menjadi hajatnya akan segera diijabah oleh Allah ta'ala.




A.      Mencegah Kehausan di Hari Kiamat
Salah satu keutamaan mengamalkan surah Yaasiin secara istiqamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di hari kiamat. Dalam kitab Misykaatul Mashaabiih disebutkan sebuah riwayat yang mengatakan sebagai berikut:
عَشْرٌ تَمْنَعُ عَشْرًا : سُوْرَةُ الفَاتِحَةِ تَمْنَعُ غَضَبَ الرَّبِّ وَسُوْرَةُ يس تَمْنَعُ عَطْشَ القِيَامَةِ وَسُوْرَةُ الدُّخَانِ تَمْنَعُ اَهْوَالِ القِيَامَةِ وَسُوْرَةُ الوَاقِعَةِ تَمْنَعُ الفَقْرَ وَسُوْرَةُ المُلْكِ تَمْنَعُ عَذَابَ القَبْرِ وَسُوْرَةُ الكَوْثَرِ تَمْنَعُ خُصُوْمَةَ الخُصَمَاءِ وَسُوْرَةُ الكَافِرُوْنَ تَمْنَعُ الكُفْرَ عِنْدَ النَّزْعِ وَسُوْرَةُ الإِخْلاَصِ تَمْنَعُ النِّفَاقَ وَسُوْرَةُ الفَلَقِ تَمْنَعُ حَسَدَ الحَاسِدِيْنِ وَسُوْرَة ُالنَّاسِ تَمْنَعُ الوَسْوَاسَ
Artinya: “Sepuluh surah dalam al-Quran dapat mencegah sepuluh perkara, yaitu:
a.       Surah al-Faatihah mencegah kemarahan Allah
b.      Surah Yaasiin mencegah kehausan di hari kiamat
c.       Surah ad-Dukhaan mencegah kesusahan di hari kiamat
d.      Surah al-Waaqi’ah mencegah kefakiran
e.       Surah al-Mulk mencegah siksa kubur
f.        Surah al-Kautsar mencegah prmusuhan
g.      Surah al-Kaafiruun mencegah kekufuran ketika dicabut ruh
h.      Surah al-Ikhlaas mencegah kemunafikan
i.        Surah al-Falaq mencegah iri hati seseorang
j.        Surah an-Naas mencegah was-was.
B.       Untuk Memohon Sesuatu
Di dalam kitab Khaziinatul Asraar disebutkan menenai keutamaan surah Yaasiin salah satunya adalah sebagai cara untuk memohon sesuatu. Berikut penjelasannya:
“(Dan demikian pula) surah yasin dibaca sebanyak 41 x untuk setiap sesuatu (maksudnya untuk memohon sesuatu).” (Kitab Khaziinatul Asraar)
Tentunya yang dimaksud adalah memohon sesuatu yang masih bisa dilogika dan dinalar. Tentu saja tidak mungkin memohon sesuatu seperti mengangkat gunung atau melihat Allah di dunia. Itu tidak bisa dinalar. Yang bisa dinalar seperti memohon kekayaan, kemantapan hati, keberkahan, dagangan biar laris, dan lain sebagainya. Adapun caranya adalah dengan membaca surah Yaasin sebanyak 41x. Dalam ijazah yang diterima penulis dari salah seorang ulama besar nusantara, ditambah dengan membaca sebanyak 41x ketika sampai pada ayat ke 72. Insa Allah mustajab biidznillaah.
C.      Mendapat Pahala Sebanding dengan membaca Al-Quran 10 Kali
Salah satu keutamaan mengamalkan surah Yaasiin adalah mendapatkan pahala besar dari Allah, sebanding dengan pahala membaca al-Quran sampai khatam sebanyak 10x. Hal ini berdasarkan sebuah riwayat yang mengatakan sebagai berikut:
“Dari Anas radhiyallaahu ‘anhu, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya al-Quran adalah surah Yaasiin. Dan barangsiapa yang membaca surah Yaasiin maka Allah akan memberi pahal seperti pahalanya membaca al-Quran 10 kali.” (HR. Imam Tirmidzi dan Al-Darimi).
D.      Agar Hajat Cepat Terkabul

Cara Ke-1
Salah satu keutamaan surah Yaasiin adalah untuk memohon hajat kepada Allah. Caranya dengan membaca surah Yaasiin sebelum kita berdoa memohon hajat kepada Allah. Termasuk ketika kita akan melakukan sesuatu yang bertujuan sebagai ikhtiar kita untuk mendapatkan hajat atau cita-cita yang kita inginkan, maka seyogyanya diawali dengan membaca surah Yaasiin. Insa Allah dengan cara demikian, hajat kita akan segera terkabul, dan ikhtiar kita untuk mendapatkan hajat tersebut dimudahkan oleh Allah. Semuanya biidznillaah.
Dalam sebuah riwayat dijelaskan sebagai berikut:
“Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Yaasiin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah radhiyallaahu ‘anhu).

Cara Ke-2
            Cara lain agar hajat cepat terkabul adalah dengan mengamalkan surah Yaasin dengan cara berikut ini:
1.      Membaca surah Yaasiin sebanyak 35x
2.      Setelah sampai pada lafadz “mubiin” membaca doa berikut ini.
بِسمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا رِزْقاً حَلَالاً طَيِّبًا وَاسِعاً بِلَا كَدٍّ وَاسْتَجِبْ دُعَائِي بِلَا رَدٍّ وَ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الفَضِيْحَتَيْنِ الفَقْرِ وَ الدَّيْنِ وَ مِنْ شَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ.سُبحَان اْلمُنَفِّسِ عَن كُلِّ مَديُونٍ . سُبحَان اْلمُفَرِّج عَن كُلِّ مَحزُونٍ . سُبحَان اّْلمخَلِّصِ عَن كُلِّ مَسْجُوْنٍ. سُبحَان اْلعالِمِ بِكُلِّ مَكنُونٍ . سُبْحَانَ مُجْرِي اْلماَءِ فِي اْلبِحَارِ وَالْعُيُوْنِ . فَسُبْحَانَ مَنْ جَعَلَ خَزَآئِنَهُ بَيْنَ اْلكَافِ وَالنُّونِ . سُبحَان مَنْ إذَا أَرَادَ شَيْئاً أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ سُبحَانَ اْلَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإلَيْهِ تُرجَعُون 

E.       Agar Mendapatkan Ampunan dan Kebajikan di Dunia dan Akhirat
Salah satu keutamaan mengamalkan surah Yaasiin adalah mendapatkan ampunan dari Allah dan kebajikan di dunia dan di akhirat. Cara mengamalkannya dengan membacanya minimal 1x setiap hari secara istiqamah. Dalam sebuah riwayatkan dijelaskan sebagai berikut:
“Dari Aisyah radhiyallaahu ‘anha bahwasanya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Di dalam al-Quran itu ada surah yang bisa memberi syafaat kepada orang yang membacanya dan memberi pengampunan kepada orang yang mendengarnya. Ingatlah, yaitu surah Yaasiin yang di dalam kitab taurat dinamakan surah Mu’ammamah. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Ya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, mengapa surah Yaasiin itu dinamakan surah Al-Mu’ammamah?” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, sebab orang yang membaca itu akan mendapatkan kebajikan di dunia dan akan dihilangkan bencana akhirat. Dan surah Yaasiin itu juga dinamakan surah Ad-Dafi’ah dan Al-Qaadliyah. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Ya Rasulullah, mengapa surah Yaasiin itu dinamakan surah Ad-Dafi’ah dan al-Qaadhiyah ?” Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Karena surah Yaasiin apabila dibaca bisa menolak perkara yang jelek, dan juga bisa mendatangkan segala hajatnya.” (Al-Hadist).
F.       Mempermudah Keluarnya Ruh
Salah satu keutamaan mengamalkan surah Yaasiin adalah untuk mempermudah keluarnya ruh. Caranya adalah dengan membaca surah Yaasiin ketika ada orang yang akan meninggal atau kesulitan dalam sakaratul maut. Insa Allah setelah dibacakan surah Yaasiin orang yang sedang berada dalam sakaratul maut maka ruhnya akan keluar dengan mudah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan sebagai berikut:
“Apabila ada orang yang akan meninggal dunia, kemudian dibacakan surah Yaasiin, maka Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa akan memudahkan keluarnya ruh.” (Al-Hadist).
G.      Mengobati Penyakit
Salah satu khasiat surah Yaasiin adalah untuk mengobati penyakit. Adapun caranya adalah sebagai berikut:
1.      Sebelum membaca surah Yaasiin, siapkan benang dan air pada bejana
2.      Membaca surah Yaasiin 1x. Ketika sampai pada lafadz “Mubiin” buat ikatan benang dan meniup air di dalam bejana tersebut. perlu diketahui, bahwa lafadz “mubiin” di dalam surah Yaasiin itu ada tujuh.
3.      Setelah selesai membaca surah Yaasiin, kemudian air tersebut sebagian diminumkan dan sebagian diusapkan pada anggota yang sakit, sedangkan benang yang diikat itu dikalungkan pada bahu kanannya.
H.      Untuk Mengalahkan Orang Dzalim
Cara Ke-1
       Salah satu keutamaan mengamalkan surah Yaasiin adalah untuk menghilangkan keburukan orang dzalim. Dalam kitab Mujarrabaat ad-Dairabii al-Kabiir diterangkan cara pengamalannya sebagai berikut:
1.      Ambil lima buah batu
2.      Bacakan pada batu itu surah al-Faatihah 7x
3.      Kemudian bacakan surah al-Ikhlas 3x
4.      Kemudian bacakan surah al-Mu’awidzatain 1x
5.      Kemudian bacakan surah Yaasiin 1x
6.      Kemudian bacakan surah al-Mulk 1x
7.      Kemudian bacakan ayat Kursi 1x
8.      Kemudian bacakan shalawat 10x
9.      Kemudian kubur masing-masing batu pada 4 sudut tempat.
10.  Dan kubur batu terakhir (batu kelima) pada tengah-tengah tempat.
11.  Insa Allah dengan cara tersebut Allah akan menjaganya dari kejahatan orang dzalim
Cara Ke-2
Apabila ada orang dzalim yang sedang mendzalimi kita maka ada baiknya kita membela diri dengan melakukan amalan berikut:
1.      Sebelum mengamalkan surah Yaasiin, terlebih dahulu membuat lubangan dan mencari batu kecil sebanyak 41 buah
2.      Setiap sebuah batu kecil itu dibacakan surah Yaasiin 1x. Setelah selesai dibacakan kemudian dimasukkan ke dalam lubang. Dengan demikian bacaan surah Yaasiin itu sebanyak 41x
3.      Setelah 41 buah batu kecil itu dimasukkan ke dalam lubang, kemudian dishalati bagaikan menshalatkan mayat, dengan niat menshalatkan jenazah .... (nama orang dzalim yang dimaksud)
4.      Sehabis menshalati, kemudian batu-batu itu ditimbuni tanah sehingga rata.
5.      Insa Allah jika sudah demikian, orang yang mendzalimi kita akan binasa.
6.      Gunakan amalan ini dengan bijaksana dan jangan sekalipun disalahgunakan.



0 komentar:

Post a Comment