Sunday, March 13, 2016

Filled Under: ,

Doa Sarmadiyah: Amalan untuk Mencapai Kasyaf

Amalan Doa untuk Mencapai Mukasyafah/Kasyaf - Cara Mencapai Kasyaf dengan Amalan - Untuk mencapai mukasyafah atau biasa disebut kasyaf, sebagian kalangan sufi ada yang memberikan ijazah berupa amalan doa yang salah satunya adalah doa sarmadiyah. Amalan doa sarmadiyah ini dikenal sebagai salah satu doa yang diajarkan oleh Sayyidi Asy-Syaikh Abu Hayyullah al-Marzuqi al-Maliki yang merupakan seorang ulama kenamaan, seorang sufi dan seorang ahli ilmu hikmah, yang hidup pada abad ke tujuh hijriyah. Dalam fiqih beliau mengikuti madzhab Maliki, yaitu madzhab fiqih yang dirintis oleh Sayyidi al-Imam Malik. Dan berikut ini doa Sarmadiyah selengkapnya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِعَظَمَةِ الأُلُوْهِيَّةِ وَ بِأَسْرَارِ الرُّبُوْبِيَّةِ وَ بِعِزَّةِ السَّرْمَدِيَّةِ وَ بِحَقِّ ذَاتِكَ العَلِيَّةِ المُنَزَّهَةِ عَنِ الكَيْفِيَّةِ وَالشُّبْهِيَّةِ وَ بِحَقِّ مَلَائِكَتِكَ أَهْلِ الصِّفَاتِ الجَوْهَرِيَّةِ وَ بِعَرْشِكَ الَّذِي تَغْشَاهُ الأَنْوَارُ بِمَا فِيْهِ مِنَ الأَسْرَارِ إِلَّا مَا قَضَيْتَ حَاجَتِي وَ هِيَ ( ...... ) اُوْمِنُكَ يَا اللهُ ( 3 ) ، القُدُّوْسُ ( 3 ) ،اِرْفَعْ عَنِّي حِجَابَ الظُّلُمَاتِ وَ أَرِنِي بِنُوْرِكَ مَا أَظْهَرْتَهُ لِعِبَادِكَ أَهْلِ القُلُوْبِ الطَّاهِرَةِ ، يَا مَنْ كَسَا قُلُوْبَ العَارِفِيْنَ بِنُوْرِ الأُلُوْهِيَّةِ فَلَنْ تـَسْـتَطِيْعَ المَلَائِكَةُ رَفْعَ رُؤُوْسِـِهمْ مِنْ سَـْطوَةِ الجَبَرُوْتِيَّةِ يَا مَنْ قَالَ فِي مَحْكَمِ كِتَابِهِ العَزِيْزِ وَ كَلِمَاتِهِ الأَزَلِيَّةِ

 اللهُ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَ الأَرْضِ مَثَلُ نُوْرِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيْهَا مِصْبَاحٌ المِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ الزُّجَاجةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوْقَـدُ مِنْ شَـَجرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُوْنَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَ لَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيْءُ وَ لَوْ لَمْ تَمْـَسـسْهُ نَارٌ نُوْرٌ عَلَى نُوْرٍ يَهْدِي اللهُ لِنُوْرِهِ مَنْ يَـَشآءُ وَ يَضْرِبُ اللهُ الأَمْثَالُ لِلنَّاسِ وَ اللهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ  سُـْبحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَ سَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya:

"Ya Allah, hambaMu memohon kepadaMu dengan kebesaranMu dan rahasia-rahasia ketuhanan, dengan kemuliaan yang agung, demi kebenaran ZatMu yang tinggi, bersih dari segala bentuk dan kesamaran, dan demi kebenaran malaikatMu yang memiliki sifat-sifat cemerlang, demi ArsyMu serba rahasia. Engkau perkenankan hajatku (sebutkan hajatnya), hamba percaya kepadaMu ya Allah 3x, ya Quddus 3x, Angkatlah dinding kegelapan dan perlihatkanlah kepadaku demi nurMu, apa yang telah Engkau tampakkan terhadap hamba-hambaMu yang memiliki hati yang cerah. Ya Tuhan, yang telah memberi pakaian kepada hati orang yang arif billah dengan pakaian nur ketuhananMu sehingga malaikat tidak mampu mengangkat kepala mereka karena sifat keperkasaan, ya Allah, yang telah berfirman dalam kitabNya yang mulia dan kalimat-kalimatNya yang azali. Allah nur langit dan bumi, Nurnya laksana kaca tembus yang di dalamnya ada sebuah lampu. Lampu itu laksana kristal berkelap-kelip dinyalakan dengan sebatang kayu zaitun yang diberkati (nyalanya) tidak (bergoyang) ke barat maupun ke timur, hampir-hampir minyaknya saja sudah dapat memerangi tanpa sentuhan api, nur di atas nur, Allah memberikan petunjuk kepada nurNya siapa yang Dia kehendaki dan Allah memberikan contoh untuk manusia dan Allah Maha Tahu terhadap segala sesuatunya."

Cara Pengamalan:

  1.  Sebelum mengamalkan doa di atas, sucikan diri terlebih dahulu, lahir dan batin. Baik dari najis, hadats kecil maupun hadats besar. Lebih utama apabiila diamalkan di tengah malam, setelah shalat tahajud atau setelah shalat hajat.
  2. duduklah dengan posisi duduk sila menghadap kiblat.
  3. Kemudian bacalah lafdzul jalalah "ALLAAH" sebanyak 3.456 kali.
  4. Tiap memperoleh bacaan Allah sebanyak 96 kali, bacalah doa Sarmadiyah di atas. Begitu seterusnya, tiap-tiap mendapat 96 x bacaan lafdzul jalalah di selingi dengan doa sarmadiyah di atas hingga bacaan lafdzul jalalah mencapai bilangan yang dimaksud pada poin 3.
  5. Atau bisa juga lafdzul jalalah "ALLAH" dibaca sebanyak 4.356 kali. Setiap 66x kali diselingi dengan membaca doa sarmadiyah di atas sebanyak 1 kali. Lakukan hingga bacaan lafdzul jalalahnya mencapai 4.356 kali.
  6. Sebelum mengamalkan doa sarmadiyah dianjurkan membaca basmalah, hambdalah, shalawat, dan ditutup dengan shalawat serta hamdalah.
  7. Lakukan secara istiqamah. Tanpa itu, rahasia dan fadhilah doa sarmadiyah akan sulit untuk didapatkan.

Sumber: Kitab Jawahirul Lama'ah

Baca Pula:


8 komentar:

  1. Halo apa kabar kang Zeer? salam kenal dari kami di malang

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillaah..., terima kasih banyak ya, Kang, telah berbagi Doa Sarmadiyah berikut cara mengamalkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas muhaimin...semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Waw nambah ilmu baru nih dari kang zeer.
    Muantappp kang.

    ReplyDelete