Monday, December 21, 2015

Filled Under:

Khutbah Jumat: Menyelamatkan Remaja dari Bahaya Narkotika dan Miras

www.majeliswalisongo.com - Khutbah Jumat: Menyelamatkan Remaja dari Bahaya Narkotika dan Miras - Berikut ini admin sajikan materi khutbah jumat terbaru yang telah berhasil kami susun pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat


MENYELAMATKAN REMAJA DARI BAHAYA NARKOTIKA DAN MIRAS 

الحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْ لَا اَنْ هَدَا نَا اللهُ مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَه وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَه. اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَه . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الأَمِيْن وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَي سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَي اَلِهِ وَ صَحْبِهِ اَجْمَعِيْن. اَمَّا بَعْدُ. فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْن. قَالَ تَعَالَي:  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ  وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Jamaah jumat yang saya muliakan
Pertama, marilah kita senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah ta’ala dengan senantiasa beribadah kepadaNya dan meningkatkan intensitas amal shalih kita setiap harinya. Selain itu, marilah kita senantiasa tidak letih untuk terus membentengi diri serta keluarga kita dari setiap perilaku maupun perbuatan yang kiranya akan berdampang negatif di belakang hari. Bukankah seringkali terjadi suasana buram dalam hidup ini, dimana hubungan antara anak dan orang tua diwarnai oleh perasaan saling menyesal hanya karena keteledoran dalam mendidik putra-putrinya. Oleh karena itu sebagai persiapan menangkal terjadinya penyesalan di kehidupan ini, maka diperlukan sikap waspada dan hati-hati dalam mengarahkan pergaulan anak-anak kita di masa yang sangat rawan seperti sekarang ini.
Pergaulan yang senantiasa memerlukan pengawasan dan sikap hati-hati orang tua adalah pergaulan remaja. Terkadang bisa lengah dan tersesat kepada perilaku yang bertentangan dengan moral agama dan norma-norma masyarakat. Bahkan akhir-akhir ini kita menyaksikan kecenderungan di kalangan remaja untuk menjadikan narkotika dan minum-minuman keras sebagai bagian dari gaya hidup dalam pergaulan mereka di masyarakat. Celakanya lagi, gaya hidup seperti ini tidak hanya berkembang di kota-kota saja, melainkan sudah sampai di pelosok desa-desa. Dengan menyebarnya miras secara bebas jelas akan menyebabkan kerusakan akhlak generasi muda bangsa ini. minuman haram ini telah terbukti menjadi biang kemaksiatan dan banyak menyebarkan kekejaman, kebrutalan dan kemesuman.
Perkenalan seseorang pada kebiasaan mengkonsumsi narkotika dan minum-minuman keras biasanya dimulai dari ajakn teman, demi gensi, sok modern atau karena hanyut dalam pergaulan bebas atau juga disebabkan kondisi pribadi yang sedang labil. Hal ini terjadi karena orang tua kurang perhatian terhadap perkembangan jiwa anak-anaknya serta tidak mengindahkan pendidikan agama dan akhlak mereka. Di samping itu, ada pula sebagian remaja yang ikut-ikutan sekedar untuk mendapatkan citra idola masa kini. Seakan-akan narkotika dan miras adalah lambing kemoderenan dan dianggapnya sebagai simbol pergaulan anak muda yang tidak ketinggalan zaman. Padahal anggapan itu jelas salah dan menyesatkan.
Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِا اللهِ وَاليَوْمِ الأَخِرِ فَلَا يَجْلِسُ عَلَي مَا ئِدَةٍ يُشْرَبُ عَلَيْهَا الخَمْرُ. رواه الطبراني
 “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, tentunya ia tidak duduk di suatu tempat yang minuman keras di minum di atasnya.” (HR. Thabrani).
Jamaah jumat yang dimuliakan Allah
Banyak dalih yang dicari-cari oleh para peminum, baik yang tergolong berat maupun kategori pemula. Ada yang beralasan minuman keras yang mereka minum untuk menghangatkan badan, menghilangkan rasa kecewa, frustasi atau kesempitan hidup yang tengah dialaminya. Terlepas dari berbagai alasan mereka, yang jelas efek buruk dari kecanduan minuman keras dan narkotika jauh lebih besar dari semua alasan yang mereka buat yang dalam anggapannya memiliki manfaat dan keuntungan.
Allah berfirman dalam al-Quran:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ
“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,” (Q.S. Al-Baqarah: 219).
Berdasarkan ayat di atas dapat kiranya kita jelaskan bahwa meminum minuman keras merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama dan mengandung dosa yang sangat besar.
Meminum minuman keras untuk sekejap tampak dapat menimbulkan rasa riang dan akan memunculkan khayalan yang membumbung tinggi. Akan tetapi prose situ akan segera diikuti dengan munculnya rasa bosan, sedih dan putus asa. Bahkan pada kadar alcohol tertentu bisa sampai kepada efek munculnya dorongan-dorongan nafsu yang kuat mirip kekuatan setan, seperti misalnya nafsu membunuh, memperkosa, serta tindakan haram lainnya. Sebab pada kondisi mabuk, dalam diri pemabuk berkembang benih-benih agresivitas, kecenderungan melawan, menyerang dan mudah nekat. Oleh karena itu, kehadiran peminum dan pemabuk dalam kehidupan masyarakat sangat mengganggu keamanan dan ketertiban umum. Setiap cairan alcohol yang baru saja diteguk oleh si peminum secepatnya akan bereaksi dan efeknya langsung menyerang akal dan perasaan. Alcohol dapat menerobos ke jaringan otak dan pusat-pusat syaraf yang dapat mengganggu bekerjanya fungsi-fungsi tubuh. Pada alcohol yang berdosis tinggi maka akan lebih ganas dalam merusak jaringan tubuh, seperti meracuni otak, liver, jantung dan paru-paru, bahkan dapat menimbulkan kematian bagi peminumnya.
Sedangkan dari segi kejiwaan, menurut para ahli jiwa, orang yang mabuk pada prinsipnya sama dengan orang yang terkena gangguan kejiwaan. Pada saat ia mabuk, jiwanya labil, mudah tersinggung dan pikirannya kacau disebabkan gangguan atau rusaknya system saraf otak. Hal itu dapat dilihat apabila berbicara tidak karuan, agresivitasnya tinggi dan lupa diri secara emosional.
Jamaah jumat yang dirahmati Allah ta’ala
Demikianlah sedikit kajian tentang bahaya minuman keras dan narkotika yang sebenarnya telah banyak dibuktikan oleh para ahli. Seperti halnya Allah dengan tegas mengharamkan minum-minuman keras, setelah secara bertahap member peringatan agar orang-orang mukmin menghindarinya.
Allah berfirman dalam al-Quran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ  وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (Q.S. Al-Maidah: 90).
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan masuk surge pecandu minuman keras.” (HR. Ibnu Majjah).
Semoga kita senantiasa dapat menjaga diri kita dan keluarga kita dari berbagai bentuk dosa termasuk dosa mengkonsumsi narkotika dan minum-minuman keras. Semoga kita semua senantiasa dilimpahi rahmat dan keselamatan di dunia dan di akhirat. Aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْاَنِ العَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الأَيَاتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْن

23 komentar:

  1. Mudah mudahan yang mendengar khutbah jumat ini senantiasa menghindari dari bahaya narkotika dan miras karena memang banyak mudaratnya

    ReplyDelete
  2. jauh jauh deh dari narkoba dan miras., efeknya buruk bagi jasmani & rohani

    ReplyDelete
  3. bagus ini khutbahnya.
    semoga para remaja jauh dari narkoba, bagi yang udah terbiasa dengan narkoba dan miras moga bisa sembuh.

    ReplyDelete
  4. Bolehkan saya copy-paste teks khutbah di Web ini ? bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kirim email njenengan...nnti sy kirimkan teks nya

      Delete
  5. ustad bagaimana kita bisa mengcopfy Naskah Hutbah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kirim alamat emailnya..insya Allah nanti saya kirimkan via email

      Delete
  6. assalamualaikum, ustad ini email saya, tolong kirimkan ya azhar.daulay31@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum
    maaf saya juga minta teks tersebut, terimakasih
    ke asroriy@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum..maaf bolehkah saya juga minta teks tersebut?
    ini email saya asroriy@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum..maaf bolehkah saya juga minta teks tersebut?
    ini email saya asroriy@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum, kalau boleh saya juga minta teks tersebut, ini email saya asroriy@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  11. saya juga mau muhamadtasbih@gmail.com

    ReplyDelete
  12. ass. kalau boleh teks nya dikirim ke alamat email ini pak ustadt. mksh feri_agustini@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. aslmkm ustad...ana mau minta file teks nya ustad...ini email saya ustad satria.gusman185@gmail.com
    syukron

    ReplyDelete
  14. aslmlkm ustad kiriman file nya ustad
    email : satria.gusman185@gmail.com
    syukron

    ReplyDelete